Sabtu, 31 Maret 2012

Tugas Modul 1 Praktikum SO

1. Buatlah Sebuah File dengan nama praktikum.txt yang berisi sebagai berikut :
        "Selamat Datang Praktikan

         Sistem Operasi Periode XXIII

         di Laboraturium Administrasi dan Jaringan Komputer"



PERTANYAAN
  1. Tampilkan Jumlah Karakter
  2. Tampilkan jumlah kata
  3. Tampilkan Jumlah baris
  4. Tampilkan jumlah karakter, kata dan baris dalam satu baris perintah 
     
JAWAB
  1. wc -m praktikum.txt
  2. wc -w praktikum.txt
  3. wc -l praktikum.txt
  4. wc praktikum.txt

2. Buatlah Sebuah File "tgllahir.txt" yg berisi :
 
    Tofan              10     Januari          1988
    Sarif               14     Februari        1990
    Anggie           01     Desember     1989
    Alvin              26     Maret            1990

PERTANYAAN
  1. Tuliskan Perintah Menampilkan Kolom nama, tanggal dan tahun tanpa kolom bulan
  2. tampilkan perintah untuk menampilkan baris yang mempunyai tahun yang lebih besar dari 1989
  3. Tuliskan perintah untuk menghilangkan baris yang berisi nama
  4. Tuliskan perintah untuk memberi nomor urut pada baris-baris tersebut
  5. buatlah perintah diatas dalam satu baris


JAWAB

  1. cat tgllahir.txt | awk '{print $1,$2, $4}'
  2. cat tgllahir.txt | awk '$4>1989'
  3. cat tgllahir.txt | uniq      (Harus ada baris yang sama dan berurutan)
  4. cat -n tgllahir.txt
  5. cat tgllahir.txt | awk '{print $1,$2, $4}' && cat tgllahir.txt | awk '$4>1989' && cat -n tgllahir.txt
    Jawaban no 1,2,4

        Jawaban no 3


        3. Buatlah sebuah file dengan nama "coba1.txt" yang berisi :
             saya suka kamu
             sebab kamu suka
             senyum senyum sama saya
             kamu suka susu sapi
             saya suka susu sapi
             susu sapi saya minum
             selalu kamu suka
             saya minum susu sapi

        PERTANYAAN
        1. Tuliskan perintah untuk menampilkan 3 baris awal yang mengandung kata "saya"
        2. Tuliskan perintah untuk menampilkan 2 baris terakhir yang mengandung kata "saya"
        3. Tuliskan perintah untuk menampilkan baris - baris pada file coba1.txt yang mengandung kata "kamu"
        JAWAB
        1. $ grep "saya" coba1.txt | head -3
        2. $ grep "saya" coba1.txt | tail -2
        3. $ grep "kamu" coba1.txt


        Note : jika ada yang kurang benar mohon di benerin bersama-sama ya gan....

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar